Bimtek Aset Daerah Tentang Pemeriksaan Aset Tetap

 

BIMTEK ASET DAERAH

Kepada Yth :

  • Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia
  • Sektetariat DPRD, Sekretariat Daerah Se-Indonesia
  • Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia
  • Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Se-Indonesia
  • Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid Keuangan, Bagian Pengelola Aset Daerah, Bendahara dan Lainnya. 
  • Di – Tempat

BIMTEK ASET DAERAH-BMD

 

Pengertian Aset Tetap adalah aset atau harta yang nilainya tidak akan habis dalam umur dibawah 1 tahun. Aset dalam daerah merupakan unsur penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah yang bersangkutan. Maka segala hal yang berkaitan dengan aset harus diawasi penggunaannya secara berkala.

Aset Tetap dikategorikan menjadi 2 bagian:

  1. Aset tetap berwujud, yaitu aset yang memiliki bentuk fisik dan umur yang menurun setiap periode berkala. Contoh-contoh aset tetap:
    • Tanah, sudah jelas memiliki fisik. Harus dijelaskan luasnya, harga perolehan, lokasi dan Nilai Jual Objek Pajak, untuk tujuan pencatatan nilai Tanah dalam Neraca keuangan serta untuk Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.
    • Bangunan yang didirikan di atas tanah. Bisa berupa gedung kantor, rumah, sarana olahraga, pasar, stasiun kereta, balai pertemua, dan sebagainya.
    • Kendaraan baik mobil, motor, truk, kontainer, helikopter dan semua jenis kendaraan lainnya, yang dipakai untuk keperluan dinas kantor. Biasanya kendaraan bermotor milik pemerintah memiliki plat berwarna merah, sehingga mudah diketahui bahwa itu adalah aset pemerintah.
    • Peralatan, perlengkapan, inventaris dan furniture yang dipergunakan untuk keperluan dinas kerja. Seperti meja dan kursi di kantor-kantor pemerintahan, perangkat komputer dan elektronik lainnya.
  2. Aset tetap tidak berwujud, yaitu aset atau harta yang tidak memiliki nilai penyusutan dan tidak terlihat bentuknya. Aset seperti ini bisa berupa Goodwill (hak cipta). Aset seperti ini kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta yang memiliki produk ternama, dimana nama produk tersebut memiliki nilai jual beli.

Materi Bimtek Pemeriksaan Aset Tetap

Mengukur Nilai Aset Tetap

Aset tetap khususnya yang berwujud memiliki nilai yang terus menurun setiap bulannya akibat adanya Biaya Penyusutan yang dikenakan pada aset tersebut, kecuali tanah. Tanah tidak bisa disusutkan nilainya karena pemakaian tanah tidak mengakibatkan kerusakan atau menurunnya nilai tanah.

Sedangkan aset lain harus disusutkan karena setiap pemakaian aset itu, tentunya nilainya akan semakin menurun (aus) akibat pemakaian. Misalnya mobil pada saat awal dibeli masih bernilai Rp 100 juta, namun karena dipakai terus menerus, otomatis nilai jualnya 1 tahun ke depan tidak lagi Rp 100 juta, melainkan sudah susut yang dihitung penyusutannya setiap bulan.

Memeriksa Aset Tetap Berkaitan Dengan Nilai Aset.

Setiap akhir periode atau secara berkala, akan dilakukan audit atau Pemeriksaan Aset Tetap. Memang biasanya yang diperiksa adalah secara kuantitas, untuk mengetahui apakah ada aset yang berkurang tanpa sepengetahuan pengelola aset, misalnya dipinjam tanpa pemberitahuan, atau hilang, atau rusak.

Pemeriksaan Aset Tetap

Namun untuk keperluan pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah, diperlukan bukan hanya kuantitas aset, tapi juga nilai aset tetap yang sudah dihitung penyusutan. Hal ini untuk mengetahui berapa nilai jual aset di masa mendatang jika berencana akan menjualnya.

Bisa juga pemeriksaan aset tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi stok agar tidak kekurangan maupun kelebihan. Setiap ada permintaan baru terhadap aset, perlu diperiksa apakah kondisi stok masih mencukupi atau memang perlu ditambah.

Atas perhatiannya PDK-PDN mengucapkan terimakasih.

[contact-form-7 404 "Not Found"]

N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

pusatbimtekpemda.id

Bimtek KeuanganBimtek Keuangan Daerah  Bimtek Swakelola Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *