Bimtek DPRD Tentang Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD

 

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Kepada Yth,,

Pimpinan dan Anggota DPRD Serta Sekretariat DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia

Dengan Hormat,

Mengelola administrasi daerah merupakan salah satu fungsi utama dari kesekretariatan DPRD. Pengelolaan tersebut meliputi kegiatan menyusun program, tata usaha, keuangan, kepegawaian, perlengkapan, dan kegiatan rumah tangga. Hal-hal menyangkut administrasi daerah lain merupakan kehumasan, kearsipan, serta kepustakaan juga menjadi tanggung jawab kesekretariatan DPRD.

Beberapa fungsi selanjutnya adalah menyampaikan kegiatan ketua dan anggota DPRD. Selain itu juga menyampaikan data hasil pembangunan serta info-info lain mengenai layanan publik. Sekretariat DPRD berfungsi pula sebagai pengevaluasi dan pelaporan tugas pokok dan fungsi. Tugas pokok dan fungsi di atas merupakan gambaran umum dan dapat berbeda tergantung kebijakan setiap daerah.

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Banyaknya pelayanan dalam bentuk tugas pokok dan fungsi kesekretariatan DPRD, diimbangi dengan bagian-bagian yang berada dalam susunan organisasi kesekretariatan DPRD. Contoh susunan organisasi misal dari Pemerintahan Malang yang tersusun dari Bagian Umum, Keuangan, Hubungan Antar Masyarakat dan Lembaga, dan Bagian Persidangan dan Perundang-undangan.

Bagian-bagian tersebut kemudian akan menjalankan masing-masing tugas dan fungsinya. Tugas dan fungsi dari ke empat bagian, merupakan penjabaran dari tugas pokok dan fungsi yang telah dijabarkan sebelumnya. Tertulis dalam pasal berbeda untuk setiap bagian. Ke empat bagian tersebut akan dipimpin oleh satu kepala yang bertanggung jawab langsung kepada sekretaris DPRD.

BIMTEK DPRD DAN POLITIK

Tugas pokok serta fungsi yang telah tersusun dalam peraturan setiap pemerintahan daerah itulah menjadi dasar bagaimana sekretariat DPRD bekerja. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tersebut dapat maksimal atau tidak hasilnya. Hal itu menjadi gambaran pelayanan prima seperti apa yang diberi oleh sekretariatan DPRD sebagai bentuk tanggung jawab kepada pimpinan dan anggota DPR.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Penguatan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD Purnabakti, maka Pusat Diklat Keuangan dan Pemerintahan Dalam Negeri ( PDK-PDN). menyelenggarakan Bimbingan Teknis  – Bimtek DPRD Tentang Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRDdengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN serta dari UNIVERSITASyang diselenggarakan oleh Pusat Diklat Keuangan dan Pemerintahan Dalam Negeri ( PDK-PDN).

Atas perhatiannya PDK-PDN mengucapkan terimakasih.

[contact-form-7 404 "Not Found"]

N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

pusatbimtekpemda.id

Bimtek KeuanganBimtek Keuangan Daerah  Bimtek Swakelola Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *