Bimtek Kesbangpol Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Intelijen Bagi Personil Kesbangpol Dalam Menjalankan Tugas dengan Optimal Melakukan Deteksi Dini Terhadap Segala Potensi Konflik

BIMTEK KESBANGPOL

Kepada Yth,

  • Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia
  • Sektetariat DPRD, Sekretariat Daerah Se-Indonesia
  • Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia
  • Organisasi Perangkat Daerah ( OPD )
  • Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid Keuangan, Bendahara dan Lainnya.

Di Tempat.

Dengan Hormat,

Bimtek Kesbangpol adalan bentuk Pelatihan atau Seminar yang berhubungan dengan bidang kesbangpol seperti tugas intelijen untuk mendeteksi dini terhadap segala potensi konflik. Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin oleh Sudarmo mantan staf ahli Badan Intelijen Negara (BIN).

Untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan deteksi dini terhadap potensi konflik, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, sedang getol-getolnya meningkatkan kemampuan para aparaturnya. Terutama mereka yang ditugaskan di daerah. Mereka akan dibekali kemampuan intelijen salah satunya dengan mengikuti Bimtek Kesbangpol mengenai intelijen. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo, mengatakan itu di Jakarta, Rabu, (30/9).

Menurut Soedarmo yang juga mantan staf ahli Badan Intelijen Negara (BIN), peningkatan kemampuan personilnya dalam melakukan deteksi  dini jadi perhatian utamanya. Maka, bekal ilmu intelijen sangat diperlukan. Tanpa bekal itu, upaya melakukan deteksi dini tak maksimal.” Kami berikan mereka bekal intelijen,” kata Soedarmo. Tapi Soedarmo menegaskan, bimtek kesbangpol pelatihan intelijen yang dilakukan kepada para jajaran pegawai Ditjen Kesbangpol, jangan disalahartikan, bahwa Kemendagri sedang bentuk satuan intelijen sendiri. Pelatihan intelijen, hanya untuk meningkatkan kemampuan personil Sehingga mereka lebih optimal, ketika melakukan deteksi dini. “Tugas kita kan salah satunya laksanakan deteksi dini terhadap segala potensi konflik.

BIMTEK KESBANGPOL

Intelijen adalah pengetahuan, organisasi dan kegiatan yang terkait dengan perumusan kebijakan, strategi dan pengambilan keputusan berdasarkan analisis dari informasi dan fakta. Ini terkumpul melaluai metode kerja untuk pendeteksian dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan dan penaggulangan setiap ancaman terhadap keamanan.

Dinamika politik, kesenjangan sosial, proses demokrasi yang berujung kepada stabilitas nasional yang harus dijaga merupakan objek dari intelijen tersebut, semua kondisi itu perlu diantisipasi dini melalui keilmuwan intelijen, sehingga bisa memiliki kemampuan deteksi dini.

Pelatihan intelijen ini (Bimtek Kesbangpol) juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil Sehingga mereka lebih optimal, ketika melakukan deteksi dini. Tugas Intelijen salah satunya adalah melaksanakan deteksi dini terhadap segala potensi konflik. Karena kalau konflik horisontal itu tejadi maka akan sangat mengganggu kesatuan bangsa. Agar supaya personil bisa lapor cepat. Maka harus dibekali dengan kemampuan intelijen.

Pelatihan Bimtek Kesbangpol ini sangat penting, karena Ditjen Polpum sekarang telah berubah status jadi instansi vertikal. Jadi, para Kesbangpol beserta aparaturnya di daerah, bukan lagi pegawai daerah. Namun mereka statusnya adalah pegawai pusat. Pembiayaannya pun langsung berasal jadi APBN.

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( PKK-PEMDA ), menyelenggarakan Bimbingan Teknis – Bimtek Kesbangpol Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Intelijen Bagi Personil Kesbangpol Dalam Menjalankan Tugas Dengan Optimal Melakukan Deteksi Dini Terhadap Segala Potensi Konflik, dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Ditjen Polpum Kemendagri, Kementerian Keuangan, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN serta dari UNIVERSITAS, yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Kesbangpol.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *