BIMTEK KEUANGAN – Input Program dan Kegiatan Melalui Simral, OPD Didesak Lapor Capaian Kinerja

BIMTEK KEUANGAN

Input Program dan Kegiatan Melalui Simral, OPD Didesak Lapor Capaian Kinerja

BIMTEK KEUANGAN – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didesak melaporkan capaian kinerja melalui Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan (Simral). Input capaian kinerja program dan kegiatan melalui Simral tersebut, sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan dalam menilai kinerja OPD dan jajarannya terkait dengan pelaksanaan program kegiatan, termasuk dalam serapan anggaran 2018.

“Hari ini (Selasa, 9/10/2018) saya memberikan pembekalan pada OPD untuk menginput capaian kinerja program dan kegiatan sampai dengan triwulan ketiga 2018 melalui Simral,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Muhtarom, Selasa (9/10/2018).

Dengan Simral ini, kata dia, semuanya terintegrasi dari mulai perencanaan sampai evaluasi kegiatan dalam satu sistem. Dengan demikian, memudahkan dalam melakukan evaluasi bagi pimpinan, termasuk capaian visi dan misi gubernur dan wakil gubernur yang tertuang dalam RPJMD.

Muhtarom yang didampingi Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan Bappeda Banten Tb. Ence Fahrurozi, mengatakan, adanya Simral ini capaian kinerja masing-masing OPD akan terlihat hasilnya sudah sesuai target atau belum. Setiap bulannya, petugas di masing-masing OPD harus menginput capaian kinerja program dan kegiatan tersebut untuk dievaluasi oleh gubernur dan waakil gubernur setiap bulan.

“Nanti progresnya akan terlihat langsung. Misalnya, OPD tertentu mendapatkan tanda merah, itu berarti kinerjanya masih di bawah 50 pesen dari target. Kalau warna kuning, capaian kinerjanya 50 sampai 75. Di atas 75 samapi 100, tandanya akan berwana hijau,” kata Muhtarom.

Oleh karena itu, dia berharap para petugas di OPD masing-masing agar rutin setiap bulannya menginput laporan hasil atau capaian kinerja program dan kegiatan melalui Simral. Hal itu mengingat progres capaian kinerja sampai dengan triwulan ketiga 2018 harus selesai pada hari Jumat (12/10/2018).

Hal ini akan terlihat hasil dari capaian kinerja OPD tersebut apakah merah, kuning atau hijau.”Simral ini diterapkan pertama kali di Provinsi Banten. Memang daerah lain sudah banyak yang menggunakan sistem aplikasi. Akan tetapi, tidak terintegrasi dari mulai perencanaan sampai evaluasi seperti Simral di Banten,” katanya.

Menurut dia, hasil dari evaluasi capaian kinerja masing-masing OPD tersebut sekaligus akan terintegrasi dengan sistem aplikasi penilaian kinerja pegawai (Sikap) yang dikelola Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten sebagai bahan penilaian untuk menentukan kinerja pegawai dan penentuan besaran tunjangan kinerja pegawai Pemprov Banten.

Sebelumnya, Tim Bank Dunia (World Bank) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten dalam rangka melakukan pemantauan sistem pengelolaan keuangan di Provinsi Banten melalui Simral. Pihak World Bank menilai aplikasi Simral yang telah diterapkan oleh Pemprov Banten sudah tepat, efektif dan efisien. Selain itu, World Bank juga mengharapkan agar aplikasi Simral yang diterapkan di Provinsi Banten dapat digunakan untuk pengelolaan keuangan APBN dan APBD di Indonesia.

Selain itu, aplikasi Simral ini juga bisa diterapkan oleh kementerian atau lembaga agar sistem pelaporannya terintegrasi baik. Selama kunjungannya ke beberapa daerah di Indonesia, baru Provinsi Banten yang mampu menata pengelolaan keuangannya dengan sistem aplikasi Simral yang terstruktur dan terintegrasi. (RI)*

Dalam rangka memberikan infomasi kepada para pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( PKK-PEMDA ), menyampaikan kegiatan  – BIMTEK KEUANGAN – Input Program dan Kegiatan Melalui Simral, OPD Didesak Lapor Capaian Kinerja,  dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Dalam Negeri, BAPPENAS RI, BPK RI, BPKP Pusat dan IPDN serta dari UNIVERSITAS, yang diselanggarakan oleh Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah.

Demikian informasi yang kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Keuangan.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Nasional

JanuariFebruariMaret
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
01 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  201901 – 02  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
04 – 05  Jan  201905 – 06  Feb  201904 – 05  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
08 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  201908 – 09  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
13 – 14    Nov  201812 – 13  Feb  201911 – 12  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
15 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  201915 – 16  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
18 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  201918 – 19  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
22 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  201922 – 23  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
25 – 26  Jan  201926– 27  Feb  201925 – 26  Mar  2019
Selasa – RabuSelasa – Rabu
29 – 30  Jan  201929 – 30  Mar  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *