BIMTEK KEUANGAN – Teknis Penerapan Simral, OPD Pemprov Banten Diminta Proaktif

BIMTEK KEUANGAN

Teknis Penerapan Simral, OPD Pemprov Banten Diminta Proaktif

BIMTEK KEUANGAN – Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten diminta proaktif terkait hal teknis pada penerapan sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran, dan pelaporan (Simral). Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Nandy Mulya S. saat acara bimbingan teknis penatausahaan keuangan berbasis Simral, di Aula BPKAD Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (27/2/2018).

Ia menuturkan, Banten satu-satunya pemprov di seluruh Indonesia yang menerapkan Simral. Untuk pemkot/pemkab sudah banyak. Namun, pengelolaannya berbeda antara pemprov dan pemkab/pemkot. “Saat ini bukan ceramah makro, tapi lebih pada detail dan teknis dari masalah-masalah di OPD,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk perencanaan dan penganggaran  sudah selesai. Sekarang difokuskan pada penataan keuangan. Pembahasannya berkaitan dengan hal-hal teknis yang terbanyak di masing-masing OPD. “Kenapa demikian? Karena, di masing-masing OPD itu memiliki struktur pengelolaan keuangannya berbeda. Sekarang ini baru masuk penataan keuangan. Belum lagi masalah akuntansi dan laporan keuangan yang dilakukan akhir tahun,” ujarnya.

Ia mencontohkan, di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang memiliki 250 SMA/SMK setelah peralihan kewenangan. Kemudian, ada sekolah khusus (SKh), kantor cabang dinas (KCD) dan bidang-bidang. “Ini termasuk rumit, sehingga perlu ada kesiapan SDM yang memiliki pemahaman bagus mengenai masalah sistem ini,” ucapnya. (RI)***

Dalam rangka memberikan infomasi kepada para pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( PKK-PEMDA ), menyampaikan kegiatan  – BIMTEK KEUANGAN – Teknis Penerapan Simral, OPD Pemprov Banten Diminta Proaktifdengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Dalam Negeri, BAPPENAS RI, BPK RI, BPKP Pusat dan IPDN serta dari UNIVERSITAS, yang diselanggarakan oleh Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah.

Demikian informasi yang kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Keuangan.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Nasional

JanuariFebruariMaret
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
01 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  201901 – 02  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
04 – 05  Jan  201905 – 06  Feb  201904 – 05  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
08 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  201908 – 09  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
13 – 14    Nov  201812 – 13  Feb  201911 – 12  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
15 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  201915 – 16  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
18 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  201918 – 19  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
22 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  201922 – 23  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
25 – 26  Jan  201926– 27  Feb  201925 – 26  Mar  2019
Selasa – RabuSelasa – Rabu
29 – 30  Jan  201929 – 30  Mar  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *