Bimtek Penanggulangan Bencana Tentang Desa Tangguh dan Tanggap Bencana;

BIMTEK KEUANGAN

BIMTEK PENANGGULANAGAN BENCANA

Kepada Yth :

  • Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia
  • Sektetariat DPRD, Sekretariat Daerah Se-Indonesia
  • Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia
  • Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Se-Indonesia
  • Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid Keuangan, Bendahara dan Lainnya. 
  • Di – Tempat

Dengan Hormat,

Masyarakat yang berada di desa/kelurahan adalah penerima dampak langsung dari bencana, dan sekaligus sebagai pelaku pertama dan langsung yang akan merespon bencana disekitarnya. Masyarakat yang tangguh bencana ialah masyarakat yang mampu mengantisipasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak, melalui adaptasi. Mereka juga mampu mengelola dan menjaga struktur dan fungsi dasar tertentu ketika terjadi bencana. Dan jika terkena dampak bencana, mereka akan dengan cepat bisa membangun kehidupannya menjadi normal kembali atau paling tidak dapat dengan cepat memulihkan diri secara mandiri.
Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, ada 16 prinsip yang mendasari pelaksanaan program ini. Prinsip-prinsip tersebut ialah: a) Bencana adalah urusan bersama. b) berbasis Pengurangan Risiko Bencana. c)Pemenuhan hak masyarakat. d) Masyarakat menjadi pelaku utama. e) Dilakukan secara partisipatoris. f) Mobilisasi sumber daya lokal. g) Inklusif. h) Berlandaskan kemanusiaan. i) Keadilan dan kesetaraan gender. j) Keberpihakan pada kelompok rentan. k) Transparansi dan akuntabilitas. l) Kemitraan. m) Multi ancaman. n) Otonomi dan desentralisasi pemerintahan. o) Pemaduan ke dalam pembangunan berkelanjutan. p) Diselenggarakan secara lintas sektor
Indikator Program Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB No. 1 Tahun 2012  sebanyak 20 indikator yang tercakup dalam enam komponen, yaitu Legislasi (kebijakan/Peraturan Desa/Kelurahan tentang penanggulangan bencana), perencanaan (Rencana penanggulangan bencana, rencana aksi komunitas dan rencana kontijensi/evakuasi), kelembagaan (forum Pengurangan risiko bencana, relawan penanggulangan bencana, kerjasama antar wilayah), pendanaan (dana untuk pengurangan risiko bencana, dana tanggap darurat), peningkatan kapasitas (pelatihan untuk pemerintah desa, pelatihan untuk tim relawan, pelatihan untuk warga desa, pelibatan/partisipasi warga desa dan pelibatan perempuan dalam tim relawan).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimtek penanggulangan bencana alam maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di bidang penanggulangan bencana alam.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Penanggulangan  Bencana Alam 2019

JanuariFebruariMaret
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
01 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  201901 – 02  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
04 – 05  Jan  201905 – 06  Feb  201904 – 05  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
08 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  201908 – 09  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
13 – 14    Nov  201812 – 13  Feb  201911 – 12  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
15 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  201915 – 16  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
18 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  201918 – 19  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
22 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  201922 – 23  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
25 – 26  Jan  201926– 27  Feb  201925 – 26  Mar  2019
Selasa – RabuSelasa – Rabu
29 – 30  Jan  201929 – 30  Mar  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *