PENERAPAN PROGRAM APLIKASI SIMDA KEUANGAN VERSI 2.7 BERBASIS AKRUAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PERANGKAT DAERAH (OPD)

/, Bimtek Bidang Keuangan, Bimtek Keuangan/PENERAPAN PROGRAM APLIKASI SIMDA KEUANGAN VERSI 2.7 BERBASIS AKRUAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PERANGKAT DAERAH (OPD)

PENERAPAN PROGRAM APLIKASI SIMDA KEUANGAN VERSI 2.7 BERBASIS AKRUAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PERANGKAT DAERAH (OPD)

2018-10-23T11:31:58+00:00

Bimtek Keuangan

Kepada Yth,

Gubernur, Bupati, Walikota, Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia

Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid, Bendahara, Tim Penyusun Laporan Keuangan, Pejabat Pengelola Keuangan, dan Staf Lainnya.

Di – Tempat

Aplikasi SIMDA versi 2.7 yang merupakan modifikasi dari Aplikasi SIMDA versi 2.1dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penerapan basis akrual sesuai PP No.71 Tahun 2010tentang Standar Akuntansi Pemerintahansebagai pengganti PP No.24 Tahun 2005, dan PeraturanMenteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi PemerintahanBerbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah. Dengan aplikasi ini sangat diharapkan Pemerintah Daerahdapat melaksanakan pengelolaan keuangan daerah secara efisien, efektif sesuai dengan peraturanperundang-undangan dan menyajikan laporan keuangan berbasis akrual dengan wajar mengingatbanyaknya peraturan perundang-undangan yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah

Tujuan pengembangan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah ini adalah:

  • Menyediakan Data base mengenai kondisi di daerah yang terpadu baik dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian/aparatur daerah maupun pelayanan publik yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.
  • Menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat kepada manajemen pemerintah daerah. Informasi ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.
  • Mempersiapkan aparat daerah untuk mencapai tingkat penguasaan dan pendayagunaan teknologi informasi yang lebih baik.
  • Memperkuat basis pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi daerah

Program Aplikasi  SIMDA Keuangan Versi 2.7.0.6

Program aplikasi ini  digunakan untuk  pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, meliputi penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan pelaporannya.

Output aplikasi ini antara lain:

1)   Penganggaran  

Rencana Kerja Anggaran (RKA), RAPBDdan Rancangan Penjabaran APBD, APBD dan Penjabaran APBD beserta perubahannya, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

2)    Penatausahaan  

Surat Penyediaan Dana (SPD), Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), SPJ, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Tanda Setoran (STS), beserta register-register, dan formulir-formulir pengendalian anggaran lainya.

3)   Akuntansi dan Pelaporan 

Jurnal, Buku Besar, Buku Pembantu, Laporan Keuangan (Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas dan Neraca), Perda Pertanggungjawaban dan Penjabarannya.

Berdasarkan Pertimbangan tersebut diatas maka kami Pusat Diklat Aparatur Daerah (PUSDIKAD) dengan dukungan Narasumber atau Tenaga Pengajar Profesional dari Tim LAKIP Deputi Akuntabilitas KemenPAN & RB RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Keuangan RI dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelenggarakan Bimtek Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan Versi 2.7 berbasis Akrual di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah (OPD) pada :

Jadwal Bimtek Nasional 2018

 OKTOBER NOVEMBER DESEMBER
Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu Selasa – Rabu
02 – 03   Okt  2018 02 – 03  Nov  2018 04 – 05  Des  2018
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu
05 – 06   Okt  2018 06 – 07  Nov  2018 07 – 08  Des  2018
Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu Selasa – Rabu
09 – 10    Okt  2018 09 – 10  Nov  2018 11 – 12  Des  2018
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu
12 – 12    Okt  2018 13 – 14  Nov  2018 14 – 15  Des  2018
Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu Selasa – Rabu
16 – 17    Okt  2018 16 – 17  Nov  2018 18 – 19  Des  2018
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu
19 – 20   Okt  2018 20 – 21  Nov  2018 21 – 22  Des  2018
Selasa – Rabu Jum’at – Sabtu Kamis – Jum’at
23 – 24   Okt  2018 23 – 24  Nov  2018 27 – 28  Des  2018
Jumat – Sabtu Salasa – Rabu
26 –  27   Okt  2018 27 – 28  Nov  2018
Selasa – Rabu 
30 – 31 Okt 2018
TEMPAT PENYELENGGARAN BIMTEK
N0  HOTEL KOTA
1 OASIS AMIR JAKARTA
2 IBIS TRANS STUDIO BANDUNG
3 EDEN KUTA BALI
4 ABADI JOGJA YOGYAKARTA
5 NAGOYA PLASA BATAM
6 GOLDEN PALACE LOMBOK
7 IBIS CITY CENTER MAKASSAR
8 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
9 ARIA GAJAYANA MALANG

 

BIAYA KONTRIBUSI JAKARTA & BANDUNG :

  • Rp. 4.500.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 3.500.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )

BIAYA KONTRIBUSI BIMTEK DI KOTA – KOTA LAIN SURABAYA, BALI, MAKASSAR, BATAM, MALANG, YOGYAKARTA, LOMBOK, DLL:

  • Rp. 4.750.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 3.750.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )

CATATAN UNTUK FASILITAS PESERTA BIMTEK :

  • Cashback 10% Untuk Rombongan 5 Orang Peserta
  • Pelatihan Selama 2 Hari
  • Menginap 3 Malam Twin Share (Bagi Peserta Menginap)
  • Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) Serta Dinner 3x (Bagi Peserta Yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book, Name Tage dan Makalah Serta SERTIFIKAT BIMTEK dari PUSDIKAD
  • Softcopy Materi Up To date Berupa Flashdisk
  • Tas Ransel Eksklusif
  • Antar Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 7 orang)
  • Konfirmasi Selambat – Lambatnya H-2 Sebelum kegiatan

INFORMASI PENDAFTARAN BISA HUB. PANITIA PENYELENGGARA :

  1. Telp Office : (021) 21201242
  2. Fax Office : (021) 83711105
  3. HP/WA : 0813 1142 6269 Ibu Hilda
  4. HP/WA :  0813 1415 5019 Mba Dilla
  5. Email : dilla_nanda88@yahoo.com
  6. Email : pusdikad.indo@gmail.com
  7. Email : selvianakristianti@gmail.com

KETERANGAN :

  • Surat Dapat diEmail/fax
  • Untuk Materi Bimtek Yang dibutuhkan Bisa Request
  • Khusus Untuk Peserta Rombongan Bisa Request Tempat (Minimal 8/10 Peserta)

CONTAC PERSON :

  • HP : 0813 1142 6269   HILDA
    HP : 0813 1415 5019   DILLA
  • HP : 0812 808 11 777  AMIR

Leave A Comment

Chat Hilda ya..!