Sistem Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA), PPTK, PPK Dan Bendahara

Kepada Yth,

Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, Kabupaten dan Kota, Gubernur, Bupati dan Walikota serta DPRD, BUMN, BUMD, serta Instansi Lainnya.

Dengan Hormat,

Dalam pengelolaan keuangan daerah terdapat dua macam jabatan yang secara resmi
menggunakan singkatan yang sama yaitu “PPK”. PPK yang pertama adalah Pejabat Pembuat
Komitmen (disingkat PPK) yang tugas dan kewenangannya diatur dalam Perpres nomor 54
tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang telah diubah dengan Perpres
nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun
2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. PPK yang kedua adalah Pejabat
Penatausahaan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (disingkat PPK-SKPD) yang tugas
dan kewenangannya diatur dalam Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang Pengelolaan
Keuangan Daerah.
Untuk pengadaan barang/jasa yang dilakukan dengan mekanisme Pembayaran
Langsung (LS), penyedia barang/jasa mengajukan tagihan kepada PPK paling lambat 5 (lima)
hari kerja setelah timbulnya hak tagih kepada negara. PPK meneliti seluruh dokumen
tagihan. Selanjutnya PPK mengesahkan dokumen tagihan dan menerbitkan SPP-LS untuk
diajukan kepada Pejabat Penanda Tangan SPM. Atas dasar SPP yang diajukan PPK Pejabat
Penanda Tangan SPM menerbitkan SPM-LS dan mengajukannya ke KPPN. Selanjutnya
pelaksanaan pembayaran dilakukan oleh KPPN dengan menerbitkan Surat Perintah Pencairan
Dana Langsung (SP2D-LS) ke rekening Penyedia barang/jasa.

JADWAL BIMTEK NASIONAL

NOVEMBERDESEMBERJANUARIFEBRUARI
Jumat – SabtuSelasa – RabuSelasa – RabuJumat – Sabtu
02 – 03  Nov  201804 – 05   Des  201801 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuJumat – SabtuSelasa – Rabu
06 – 07  Nov  201807 – 08   Des  201804 – 05 Jan  201805 – 06  Feb  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuSelasa – RabuJumat – Sabtu
09 – 10  Nov  201811 – 12   Des  201808 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuJumat – SabtuSelasa – Rabu
13 – 14  Nov  201814 – 15   Des  201811 – 12  Jan  201912 – 13  Feb  2019
Selasa – RabuSelasa – RabuSelasa – RabuJumat – Sabtu
16 – 17  Nov  201818 – 19   Des  201815 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  2019
Jumat – SabtuJumat – SabtuJumat – SabtuSelasa – Rabu
20 – 21  Nov  201821 – 22   Des  201818 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  2019
Selasa – RabuSelasa – RabuSelasa – RabuJumat – Sabtu
23 – 24  Nov  201825 – 26   Des  201822 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  2019
Kamis – JumatJumat – SabtuJumat – SabtuSelasa – Rabu
27 – 28  Nov  201828 – 29   Des  201825 – 26  Jan  201926 – 27  Feb  2019
Selasa – Rabu
29 – 30  Jan  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN ACARA :
  1. HOTEL OASIS AMIR – JAKARTA
  2. HOTEL IBIS TRANS STUDIO – BANDUNG
  3. HOTEL EDEN – KUTA BALI
  4. HOTEL ABADI JOGJA – YOGYAKARTA
  5. HOTEL NAGOYA PLASA – BATAM
  6. HOTEL GOLDEN PALACE – LOMBOK
  7. HOTEL IBIS CITY CENTER – MAKASSAR
  8. HOTEL TUNJUNGAN – SURABAYA
  9. HOTEL ARIA GAJAYANA – MALANG

 

BIAYA KONTRIBUSI JAKARTA & BANDUNG :

  • Rp. 4.500.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 3.500.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )

BIAYA KONTRIBUSI BIMTEK DI KOTA – KOTA LAIN SURABAYA, BALI, MAKASSAR, BATAM, MALANG, YOGYAKARTA, LOMBOK, DLL:

  • Rp. 4.750.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 3.750.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )

CATATAN UNTUK FASILITAS PESERTA BIMTEK :

  • Cashback 10% Untuk Rombongan 5 Orang Peserta
  • Pelatihan Selama 2 Hari
  • Menginap 3 Malam Twin Share (Bagi Peserta Menginap)
  • Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) Serta Dinner 3x (Bagi Peserta Yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book, Name Tage dan Makalah Serta SERTIFIKAT BIMTEK dari BAPEKA
  • Softcopy Materi Up To date Berupa Flashdisk
  • Tas Ransel Eksklusif
  • Antar Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 7 orang)
  • Konfirmasi Selambat – Lambatnya H-2 Sebelum kegiatan

KONFIRMASI KE PANITIA PENYELENGGARA :

  1. Telp : (021) 3890 2231
  2. Fax  :  (021) 3890 2231
  3. HP/WA : 0813 806 22 877 Ibu Imelda
  4. HP/WA :  0813 8058 4294 Bpk Ferry
  5. Email : imelda.tresno@yahoo.com
  6. Email : bapeka.pemda@gmail.com
  7. Email : ferryan.irawan@gmail.com


KETERANGAN :

  • Surat Dapat diEmail/fax
  • Untuk Materi Bimtek Yang dibutuhkan Bisa Request
  • Khusus Untuk Peserta Rombongan Bisa Request Tempat (Minimal 8/10 Peserta)

0 Comments on “Sistem Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA), PPTK, PPK Dan Bendahara”

  1. Pingback: MATERI BIMTEK KEUANGAN – Bimtek Keuangan – Info Bimtek Keuangan – Bimtek 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *