BIMTEK KEUANGAN – Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah

BIMTEK KEUANGAN

Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah

Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah

BIMTEK KEUANGAN

Pelaksanaan Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah yang di laksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 4 Mei 2018 bertempat di Artama Makassar denagan jumlah peserta 81 orang yang terdiri dari 8 Sekretaris Daerah, 6 Sekretaris DPRD atau yang mewakili, 7 Staf Ahli Bupati/Walikota, 10 Asisten pada Sekretariat Daerah, 13 Camat, 18 Kepala Badan atau Dinas yang membidangi Pembinaan Pemerintahan Desa atau yang mewakili dan 19 Kepala Badan yang membidangi pengembangangan Sumber Daya Manusia pada Kabupaten/Kota terpilih. adapun rincian peserta workshop tersebut berasal dari berbagai kabupaten/kota dengan rincian, 23 peserta dari kabupaten/kota di Pulau Sumatera, 5 peserta dari kabupaten/kota di Pulau Kalimantan, 47 peserta dari kabupaten/kota di Pulau Sulawesi dan 6 peserta dari Pulau Papua dan wilayah Nusa Tenggara.

Melalui kegiatan ini selaku penyelenggara kegiatan maka kami merekomendasikan Pelaksanaan diklat sebagai berikut:

  1. Pendalaman Tugas bagi Sekretaris DPRD
  2. Parlemen Modern
  3. Pendalaman Tugas bagi Staf Ahli
  4. Pendalaman Tugas bagi Asisten pada Sekretariat Daerah
  5. Orientasi Pendalaman Tugas Kepala Desa
  6. Nilai-nilai Pamong Praja bagi Camat
  7. Kewenangan Delegatif Camat

BIMTEK KEUANGAN

Kelompok Peserta Kepala Dinas atau Badan yang membidangi urusan pemerintahan desa merekomendasikan materi bagi diklat-diklat terkait desa sebagai berikut:

  1. Sinergitas Kepala Desa dan BPD
  2. Optimalisasi Tupoksi Kepala Desa dan Perangkatnya
  3. RPJM Desa dan RKP Desa
  4. Peningkatan Kompetensi Sekretaris Daerah
  5. Alokasi Dana Desa
  6. BUM Desa
  7. Pemahaman Regulasi Desa
  8. Sinkronisasi Wilayah Desa dan Perencanaan Pembangunan di tingkat Kabupaten.

Kelompok Peserta Sekretaris DPRD atau yang mewakili merekomendasikan materi sebagai berikut:

  1. Ice Breaking
  2. Manajemen Emotional and Spiritual Quotient
  3. Supporting Akselerasi Kinerja Parlemen Modern
  4. Supporting Optimalisasi pemanfaat Teknologi Informasi dan Branding kinerja DPRD
  5. Supporting Optimalisasi pelaksanaan Fungsi DPRD

Kelompok peserta Camat merekomendasikan diklat dengan materi sebagai berikut:

  1. Pembinaan Camat terhadap Kepala Desa dan Lurah yang lebih difokuskan kepada pengelolaan Dana Desa
  2. Hukum dan Pertanahan
  3. Peningkatan kapasitas camat dalam tugas pemerintahan umum dan tugas umum pemerintahan

Kelompok peserta Asisten pada Sekretariat Daerah merekomendasikan sebagai berikut:

  1. Materi Tugas-tugas perangkat daerah yang dikoordinasikan
  2. Manajemen Keuangan
  3. Fungsi lini dan fungsi staf
  4. Tata kelola pemerintahan yang baik
  5. Standardisasi dan sertifikasi jenis diklat
  6. Tata Naskah Dinas
  7. Teknik Koordinasi

Kelompok peserta Satf Ahli merekomendasikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Rapat koordinasi staf ahli minimal sekali setahun
  2. Materi pemberdayaan tentang staf ahli menjadi materi orientasi Bupati/Walikota

Dari hasil kegiatan tersebut di simpulkan beberapa diklat yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2019 antara lain

  1. Diklat Peningkatan Kompetensi Sekwan
  2. Diklat Peningkatan Kompetensi Asisten
  3. Diklat Peningkatan Kompetensi Staf Ahli
  4. Diklat Nilai-Nilai Pamong Praja Bagi Camat
  5. Diklat Pendalaman Tugas Kades.

BIMTEK KEUANGAN

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( PKK-PEMDA ), menyampaikan berita seputar Pemda yang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis atau lainnya –  Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah, dan kami menyelenggarakan Bimtek dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri  dan IPDN serta dari UNIVERSITAS, yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Keuangan dan Pemerintahan Daerah.

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai berita tentang : Workshop Nasional Standardisasi Pengembangan Kompetensi Teknis Aparatur Pemerintah Daerah.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Keuangan Nasional 2019

JanuariFebruariMaret
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
01 – 02  Jan  201901 – 02  Feb  201901 – 02  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
04 – 05  Jan  201905 – 06  Feb  201904 – 05  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
08 – 09  Jan  201908 – 09  Feb  201908 – 09  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
13 – 14    Nov  201812 – 13  Feb  201911 – 12  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
15 – 16  Jan  201915 – 16  Feb  201915 – 16  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
18 – 19  Jan  201919 – 20  Feb  201918 – 19  Mar  2019
Selasa – RabuJumat – SabtuSelasa – Rabu
22 – 23  Jan  201922 – 23  Feb  201922 – 23  Mar  2019
Jumat – SabtuSelasa – RabuJumat – Sabtu
25 – 26  Jan  201926– 27  Feb  201925 – 26  Mar  2019
Selasa – RabuSelasa – Rabu
29 – 30  Jan  201929 – 30  Mar  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0 HOTELKOTA
1OASIS AMIRJAKARTA
2IBIS TRANS STUDIOBANDUNG
3EDEN KUTABALI
4ABADI JOGJAYOGYAKARTA
5NAGOYA PLASABATAM
6GOLDEN PALACELOMBOK
7IBIS CITY CENTERMAKASSAR
8TUNJUNGAN PLAZASURABAYA
9ARIA GAJAYANAMALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *